Jumat, 18 Juli 2014

Puluhan peneliti ikut jadi korban MH17

Puluhan peneliti ikut jadi korban MH17

 

Puluhan peneliti ikut jadi korban MH17

Belum hilang duka akibat jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di perbatasan Rusia-Ukraina, beberapa aktivis AIDS dunia menambahkan kabar pilu berkaitan dengan insiden tersebut.

Meskipun hingga saat ini masih terdapat 100 korban jiwa yang berhasil ditemukan di tempat jatuhnya pesawat MH17, organisator Konferensi AIDS Internasional ke-20 yang berlangsung di Melbourne, Australia, menyatakan bila banyak penumpang MH17 yang merupakan peserta dari konferensi yang dimulai hari Minggu nanti itu.
Seperti yang dikabarkan oleh The Age (18/07), sekitar 100 orang penumpang dipercaya adalah peneliti, aktivis, hingga tim medis yang biasa menangani kasus-kasus HIV/AIDS. Jumlah penelitinya diperkirakan mencapai puluhan. Bahkan beberapa di antaranya adalah peneliti-peneliti paling berpengaruh di bidang penyakit AIDS. Beberapa juga diketahui termasuk anggota Organisasi Kesehatan PBB atau WHO.
Salah satu peneliti AIDS terkenal yang dipercaya menjadi korban MH17 adalah Joep Lange yang notabene adalah ilmuwan AIDS veteran berkebangsaan Belanda. Pria yang telah mengabdikan 30 hidupnya untuk menyelamatkan pasien HIV/AIDS ini juga tercatat sebagai mantan presiden Organisasi AIDS Internasional, IAS. Beberapa anggota IAS pun meramaikan Twitter dengan memposting ucapan bela sungkawa.
Tweet mengonfirmasi kematian Joep Lange
Tweet mengonfirmasi kematian Joep Lange
Organisasi itu pun telah mengungkapkan bela sungkawa setelah mengetahui keberadaan ratusan anggotanya di antara 295 orang di MH17 yang telah dipastikan seluruhnya meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar